MUTEPLAY
Berita
MDF vs. Plywood

MDF vs. Plywood

MDF adalah komposit kayu rekayasa yang mirip dengan papan partikel, tetapi jauh lebih padat dan lebih kuat dari papan partikel.

Bayangkan jika semua serbuk gergaji tersapu dari proses pembuatan produk kayu lainnya, kemudian serbuk gergaji tersebut dicampur dengan bahan pengikat dan dipress menjadi lembaran besar seukuran triplek. Oke, itu terlalu disederhanakan dan itu bukan proses yang mereka gunakan untuk membuat MDF 😀 tapi itu memberi anda gambaran tentang riasan produk.

Karena tersusun dari serat kayu sekecil itu, MDF tidak memiliki serat kayu. Dan karena itu ditekan sangat keras pada suhu tinggi seperti itu, tidak ada rongga di MDF seperti yang Anda temukan di papan partikel. Di sini anda dapat melihat perbedaan yang terlihat antara papan partikel dan MDF, dengan MDF di bagian atas dan papan partikel di bagian bawah.

Sama seperti kayu lapis, anda dapat membeli MDF dengan ketebalan berbeda tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk proyek Anda.

Keuntungan MDF :

- MDF umumnya lebih murah daripada kayu lapis.
- Permukaan MDF sangat halus, dan Anda tidak perlu khawatir akan adanya simpul di permukaan.
- Karena sangat halus, permukaannya bagus untuk melukis.
- Karena tepi yang halus huga, anda dapat menggunakan router untuk membuat tepi dekoratif.
- Konsistensi dan kehalusan MDF memungkinkan pemotongan desain detail yang mudah (seperti desain yang digulir atau bergigi) menggunakan gergaji gulir, gergaji pita, atau gergaji ukir.

Kekurangan dari MDF :

- MDF pada dasarnya adalah papan partikel, MDF akan menyerap air dan cairan lain seperti spons dan membengkak kecuali jika disegel dengan baik di semua sisi dan tepi dengan primer, cat, atau produk penyegel lainnya. Sekali lagi, saya merekomendasikan primer berbasis minyak yang berkualitas. Tidak ada primer semprotan aerosol !!
- Karena terdiri dari partikel halus seperti itu, MDF tidak menahan sekrup dengan baik, dan sangat mudah untuk membuka lubang sekrup.
- Karena sangat padat, MDF sangat berat. Hal ini dapat mempersulit pengerjaan, terutama jika anda tidak memiliki asisten yang dapat membantu mengangkat dan memotong ukuran papan yang besar.
- MDF tidak bisa ternoda. Tidak hanya menyerap noda seperti spons, tetapi juga karena tidak ada serat kayu pada MDF, terlihat mengerikan saat diwarnai.
Berita MDF vs. Plywood
Reviews System WIDGET PACK

BeritaTerbaru

MDF vs PlywoodMDF vs. Plywood
Copyright © 2020 - PT. Finartindo Kriya Abadi All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile
 MDF vs. Plywood